Senin, 22 Februari 2016

Mengetik Bahasa Arab di Office Word

Bismillahirrohmanirrohim. Nyapa lagi, apa kabar good people? Semoga tetap semangat ya! Baiklah kali ini saya akan berbagi sedikit yang saya tahu tentang cara mengetik bahasa Arab menggunakan software yang paling akrab dengan kita, apalagi kalo bukan Office Word buatan Microsoft.
Kebetulan saya menggunakan Office Word 2016 di OS Windows10. Untuk versi-versi sebelumnya, cara dan urutannya sama saja, paling cuma beda tampilannya. Oke langsung saja ya... langkahnya:
Pertama, pastikan Anda mempunya komputer (ya iya lah, hehehe). Maksud saya komputer yang sudah terinstall Office Word atau semisalnya.

Sekarang kita akan mengatur setting bahasa di komputer kita terlebuh dahulu. Baru kita lanjutkan ke pengaturan bahasa di Office Word-nya.

Buka Control Panel, di kategori “Clock, Language and Region”, pilih “Add a Language”.
Setelah masuk di menu bahasa, Klik lagi “Add a language”. 
Nah, sekarang pilih bahasa Arabic, open. Lalu pilih Arabic Saudi Arabia. Sebenarnya negara lain sama saja kok, tapi beda di tata letak keyboardnya saja sedikit. Terakhir klik tombol “Add” di pojok kanan bawah. Selesai.




Sekarang, Office Word sudah support bahasa Arab, tapi masih ada sedikit pengaturan. Jadi silakan buka Word-nya.
Pertama, klik tab File, Lalu buka Option. 

Di halaman option, klik tab Advanced, lalu scroll ke bawah sampai ketemu kolom “Automatically switch keyboard to...”, cheklist. Scroll lagi ke bawah, di kolom numeral, ganti dari Arabic ke Context. Baca juga Sejarah Angka Arab

Lalu scroll lagi sampai paling bawah, di kolom “Compatibility option for” pilih All new document. Lalu klik OK, dan selesai. Sekarang kita bisa mengetik bahasa Arab di Word.

Untuk berganti bahasa antara latin dan Arab, bisa dengan klik text direction kiri-kanan atau kanan-kiri, atau bisa juga dengan memilihnya di language bar di kanan taskbar.

Oh iya, yang paling penting juga ini, keyboard kita harus ada huruf Arabnya dong, bisa beli keyboard baru, atau yang lama ditempelin sticker, bisa buat sendiri. Kayak gini layoutnya:


Cukup dulu deh. Kita lanjutkan lain kali untuk tips-tips penting mengetik dalam Bahasa Arab. Semoga bermanfaat. Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Keyword: Mengetik Arab, Setting Bahasa Arab Word, Pengaturan Bahasa Word, Mengubah angka Arab Word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda

Teman Anda Juga Membaca: