Rabu, 18 Februari 2015

Biar Gak Kalah Smart dari Smartphone

Ini 2015. Gadget bukan lagi barang mewah. Semua kenal, yang tua yang muda, bedanya kalo orang tua pake gadget cuma buat nelpon ama sms, biarpun pake smartphone. Nah kamu anak muda, kalo gak mau dibilang kayak orang tua, ya paling gak kamu harus bisa nguasain smartphone kamu. Bukan cuma internetan loh. Secara smartphone dibekali kemampuan lebih dari sekedar calling, texting atau browsing doank. Punya smartphone cuma buat selfie? Yah.
Oya, saya mau berbagi cerita smartphone Android (karena punyaku Android). Klo kamu juga android user, apalagi baru, harus tau kelebihan dan kekurangan robot ijo ini. Yaaa biar kamu gak malah kebalik dimanfaatin tuh sama gadget kamu sendiri.
Pertama, waktu ingin beli gadget baru. Pastikan OS versi terbaru. Fitur lainnya bisa sesuaikan dengan dompet lah.

Ke dua, ketahuilah wahai sodara, smartphone secara default memiliki aplikasi yang berjalan di backround. Ya karna dia smart, dia bisa bergerak sendiri. Seperti update software, sinkronisasi akun, laporan lokasi de el el. Itu tentu selalu connect ke jaringan internet. Makanya klo kamu gak punya internet plan, pulsa kamu bakal boros banget. Jadi kamu harus pinter menyetting urusan aplikasi ini.
Ke tiga, aplikasi android yang bisa di download di Playstore gak semuanya aman. Pinter-pinterlah memilih. Tapi kadang kita juga sih yang salah, karna setiap akan menginstall suatu aplikasi, dia menunjukkan aturan dan kondisi, Cuma kita malas bacanya. Akhirnya langsung aja accept install. Padahal beberapa aplikasi dapat membaca dan mengambil data di smartphone kita, seperti sms, foto, kontak bahkan password. Jadi hati hati.
Installer aplikasi di android menggunakan ekstensi .apk . kamu bisa googling aplikasi yang kamu mau dengan ekstensi .apk ini, gak harus download di Playstore. Apalagi kalo kamu suka nyari yang versi cracked, ih males bayar. Mudah-mudahan kita semua jadi orang kaya ya biar bisa pake software yang resmi. Amin.
Atau ketika kamu ngedonlot file dengan format .apk secara gak sengaja (biasanya lewat iklan atau situs yang kita kunjungi) klo gak kenal ya jangan di install.
Ke empat, pasanglah aplikasi yang bermanfaat di smartphone kamu. Nanti akan saya share beberapa aplikasi yang penting ada di smartphone. Nanti klik di sini. Nanti.
Tipsnya gak usah memasang beberapa aplikasi yang gunanya mirip. Misalnya editor foto, pilih aja satu aplikasi yang fiturnya paling banyak. Terus aplikasi yang sebenarnya bisa dibuka lewat browser, jadi kurang penting menginstallnya secara mandiri. Seperti portal jual beli online, jual tiket, situs berita dll. Buka aja lewat browser. Jadi menghemat memori dan storage. Lebih hemat batere juga.
Ke lima, jaga jarak dengan gadget. Iya , karna gadget mengandung zat adiktif, bikin kecanduan. Kalo udah kecanduan, bisa berbahaya bagi kesehatan, keluarga, silaturrahmi, persahabatan, negara bahkan agama.
Bayangkan jika orang jadi lalai ibadah gara-gara gadget. Banyak kan? Telat kerja karna gadget. Jadi sombong. Nilai sosial di kehidupan nyata menurun, padahal yang dibuka jejaring sosial mulu. Gadget juga bisa buat orang telat tidur, otomatis telat bangun, akibatnya telat dapat rezeki.
Ke enam, merasa cukuplah dengan gadget yang sudah kamu punya. Apalagi yang dibeliin sama orang tua. Karena edisi terbaru gadget gak akan ada habisnya, biarlah itu jadi perang antar vendor aja. Klo ada uang lebih gak papa sih gonta ganti gadget. Tapi sungguh, kita gak akan pernah puas. Jadi merasa nyamanlah dengan apa yg kita miliki. Dan selalu bersyukur.
Jadi intinya, gunakanlah smartphone saat kita benar-benar siap menggunakannya. Jangan diberikan kepada anak kecil, buruk pengaruhnya, sumpah! Karena menggunakan smartphone butuh kebijaksanaan dan wibawa, sehingga fungsi smartphone sebagai alat bantu manusia terwujud. Bukan malah menurunkan mental pengguna dan hanya memperkaya produsen saja.
Demikian. Semoga manfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda

Teman Anda Juga Membaca: